Program Takhasus

takhasus
Salah satu siswi takhasus TA 2017/2018

Apa itu Program Takhasus?

SMPIT Salman Al Farisi Boarding School mempunyai satu program unggulan, yaitu Program Takhasus Al Qur’an. Program ini dirancang untuk mendidik siswa menjadi para penghapal Al Qur’an.

Sesuai dengan namanya, program ini mempunyai aktivitas dan target khusus. Program khusus tersebut adalah siswa takhasus harus dapat menyelesaikan 30 juz dalam waktu 1 tahun. Berbeda dengan program reguler, program reguler untuk siswa SMPIT Salman Al Farisi hanya mempunyai targetan hapalan 10 juz dalam waktu tiga tahun.

Program takhasus mengalami beberapa perubahan desain dari desain semula. Pada awal mula program ini diselenggarakan yaitu tahun 2016, program ini di desain untuk mencatak hafidz dan hafidzah dalam kurun waktu 3 tahun. Namun satu tahun kemudian, tepatnya pada tahun ajaran 2017/2018 program ini ditetapkan menjadi 1 tahun saja. Sehingga siswa yang mengikuti program ini harus menyelesaikan hapalan Al Qur’an selama satu tahun.

Terlihat mustahil memang, menghapalkan Al Qur’an 30 juz dengan waktu yang sangat singkat, namun faktanya belum genap satu tahun program ini berjalan, sudah menelorkan hafidz. Satu siswa putri bernama Inas Amatullah berhasil menyelesaikan hapalannya pada tanggal 8 November 2017. Nyaris program ini baru berjalan 4 bulan, Inas telah merampungkan hapalannya.

Ini membuktikan bahwa program ini bukan program hayalan dan tanpa perhitungan. Juga menegaskan bahwa program ini adalah program yang sangat realistis dalam menciptakan hafidz dan hafidzah.

Takhasus Qur’an mempunyai target harian yang harus dicapai oleh siswa yang mengikuti program ini. Target hapalan setiap hari adalah setor 4 halaman atau 2 lembar. Para siswa memakai mushaf Qur’an Pojok 15 baris, setiap satu juz Al Qur’an terdiri dari 10 lembar. Sehingga setiap pekannya siswa harus menyetorkan satu Juz hapalan Al Qur’an. Jika siswa dalam satu pekan dapat menyetorkan hapalan Al Qur’an 1 juz secara istiqomah, mereka dapat menyelesaikan 30 juz dalam waktu delapan bulan saja.